Friday, October 03, 2008

Gelombang Eletromagnetik


Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik yang berosilasi dengan medan magnet yang merambat melewati ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain.Setiap muatan listrik yang memiliki percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik. Waktu kawat (atau panghantar seperti antena) menghantarkan arus bolak-balik, radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. Bergantung pada situasi, gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau seperti partikel.

Contoh radiasi eletromagnetik adalah

  1. Alat-alat eletronik rumah tangga, seperti seterika, mixer, microwave oven, radio, televisi,computer dll.
  2. Alat eletronik Transmitter/Receiver seperti Handphone, Radio komunikasi (HT, SSB, dll), pemancar UHF/VHF (Tower Transmitter TV,Radio,GSM,CDMA) dll
  3. Peralatan Otomotif berupa System pengapian pada kendaraan bermotor
  4. Transmisi Listrik berupa Jaringan Listrik Ekstra Tinggi atau biasa disebut SUTET(Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi)

Batasan aman paparan radiasi gelombang eletromagnetik terhadap tubuh masih terus diteliti dan para ahli di seluruh dunia masih belum sampai kepada kata sepakat tentang batasan aman tersebut,tapi alangkah baiknya kalau kita bercermin dari beberapa contoh berikut:

  1. Telur ayam yang di dekatkan dengan sebuah ponsel/antenna HT/SSB yang sedang transmite/memancarkan gelombang UHF/VHF akan masak dalam waktu tertentu
  2. Microwave jangan ditanya lagi, karena fungsinya memang untuk memasak makanan. Gelombang eletromagnetik frekwensi tinggi dipancarkan dari tabung magnetron akan membuat getaran yang membuat molekul air dalam microwave bergesekan dan mengakibatkan panas. Ingat tubuh kita 90% terdiri dari air!
  3. Secara teoritis elektron yang membawa arus listrik pada jaringan tegangan tinggi atau SUTET (Hal yang sama berlaku pada System pengapian kendaraan bermotor dan TV yang juga membangkitkan tegangan tinggi, namun dalam taraf yang lebih rendah) akan bergerak lebih cepat bila perbedaan tegangannya makin tinggi yang akan akan menyebabkan timbulnya medan magnet maupun medan listrik. Elektron bebas yang terdapat dalam udara di sekitar jaringan tegangan tinggi, akan terpengaruh oleh adanya medan magnet dan medan listrik, sehingga gerakannya akan makin cepat yang berdampak pada beberapa gejala seperti menimbulkan bunyi mendesis akibat ionisasi pada permukaan penghantar (konduktor) yang kadang disertai dengan cahaya keunguan, bulu/rambut badan akan berdiri akibat gaya tarik medan listrik yang kecil, lampu neon dan tes pen dapat menyala dengan kondisi redup akibat mudahnya gas neon pada lampu neon dan tes pen terionisasi, kejutan lemah pada sentuhan pertama benda-benda yang mudah menghantar listrik (seperti pada atap seng, kawat jemuran , pagar besi dan badan mobil).

Secara umum setiap bentuk radiasi gelombang elektromagnet dapat berpengaruh terhadap tubuh manusia. Sel-sel tubuh yang mudah membelah adalah bagian yang paling mudah dipengaruhi oleh radiasi. Tubuh yang sebagian besar berupa molekul air, juga mudah mengalami ionisasi oleh radiasi. Dan yang patut dicatat apa yang dikatakan Albert Einstein, bahwa "energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan" yang mengandung arti bahwa energi akan berubah kedalam bentuk lain, jadi paparan gelombang eletromagnetik pasti akan diserap tubuh kita.

Tips untuk menjaga kesehatan dari radiasi gelombang eletromagnetik adalah :

  1. Jika memiliki stasiun transmitter HT/SSB usahakan memakai kabel pemancar yang memiliki isolasi berlapis2 dan usahakan antenna pemancar gelombang frekwensi ditinggikan dari tanah
  2. Usahakan tutup transparan dari microwave di tutup lagi dengan lembaran dari logam
  3. Jangan membangun rumah didekat Jaringan Tegangan Tinggi(SUTET)
  4. Kunci dari terhindar dari bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari gelombang eletromagnetik adalah kembali kemasa silam dimana tidak ada listrik dan semua kemajuan teknologi terkini, tapi bisa tidak ya...???

4 comments:

The Diary said...

aku jg pernah baca kalo tinggal di bawah SUTET persis akan mempengaruhi kesehatan kita

KC Ismail said...

Thanks ya, udah ke blog ku
- KC.Ismail

Anonymous said...

Memang bener,bro. Aku pernah baca juga. Nice posting

nzjude said...

Thanks PADDI.

Hi too, and thanks for dropping by my blog
:)

 
Copyright 2009 Paddi