Monday, September 01, 2008

Tips Hemat Listrik

Di media banyak kita jumpai iklan layanan masyarakat tentang pentingnya hemat listrik dari PLN. Sekilas iklan ini sangat bertolak belakang dengan misi yang di embang PLN. Sebagai Badan Usaha Milik Negara yang dituntut untuk memberikan keuntungan bagi negara, iklan ini adalah sarana "gol bunuh diri" bagi PLN. Dia jual listrik kok pelanggannya di suruh berhemat...he3X. Tapi kalau dicermati dengan seksama, saat ini PLN sedang berusaha untuk keluar dari multikrisis yang dialami. Hantaman lonjakan harga minyak dunia membuat PLN keteteran dalam belanja "rumah tangganya". Biaya operasional membengkak oleh harga minyak dunia karena sebagian pembangkit listrik milik PLN masih menggunakan BBM, nilai tukar rupiah terhadap dollar(USA) yang terpuruk karena kontrak pembelian listrik dari pihak swasta menggunakan dollar membuat PLN saat ini megap-megap(untung tidak tenggelam,karena pesaing bisnisnya di hilir tidak ada). Dari sini kita bisa paham kenapa pelanggan listrik PLN disuruh berhemat, dengan berhemat beban pembangkit akan berkurang yang pada gilirannya akan menghemat komsumsi BBM pada pembangkit listrik, juga dollar yang dibayarkan PLN ke penyedia tenaga listrik akan berkurang. Tapi itu masih belum cukup...! Katanya listrik untuk tarif rumah tangga masih di subsidi, harga pokok produksi masih lebih mahal dari harga yang dipasarkan, kekurangan dari harga pokok produksi itu dibayarkan pemerintah.
Setelah membaca hal diatas saya mengajak teman-teman semua untuk membantu negara ini walaupun nilainya kecil(tapi kan lama-lama jadi bukit...he33X) dengan membudayakan hemat listrik,caranya cukup mudah dan tidak membebani kita,tapi malah menguntungkan. Berikut tips untuk berhemat:
  1. Matikan TV jika tidak sedang digunakan dan cabut steker dari stop kontak,men-off kan TV dari remote control sangat tidak efisien, karena saat di off-kan dari remote control TV masih mengkonsumsi listrik sampai 5 watt
  2. Jangan menyetrika pakaian sedikit-sedikit, karena waktu untuk memanaskan seterika yang berkali-kali membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit
  3. Matikan lampu ruangan jika tidak sedang digunakan
  4. Jangan sering membuka tutup lemari pendingin
  5. Aturlah setting AC pada suhu 25 derajat celcius
  6. Buatlah tempat penampungan air,sehingga beban listrik yang dikonsumsi oleh pompa listrik dapat berkurang
  7. Cabut semua steker peralatan listrik dari stop kontak jika tidak sedang digunakan
  8. Jika perlu pasanglah kapasitor bank dirumah anda
  9. Terakhir, gunakan peralatan listrik hemat energi
Mudah bukan untuk berhemat, cuma perlu kebiasaan dan semangat untuk melaksanakannya. Ingatlah dengan berhemat kita sudah berbuat untuk bangsa ini.

14 comments:

Anonymous said...

Met puasa Ramadhan juga yaaa...

Sinopi said...

kapasitor bank apa-an sih..?

Amanda said...

hmm bener juga sih gol bunuh diri ya hahaha. ayo hemat listrik!!!

Sinopi said...

ya ampun.. ternyata kapasitor bank alat yg keren sangad n penting yeee.. wah perlu dicari tuh barang.. ntar bilang si babeh deh, biar hemat gituh.. alat ini legal kan yah..? jgn sampe tau2 ditangkep gara2 pk alat yg ngga2.. heheee..
makasih yaaa..

ayu said...

hebat neh generasi hemat listrik salut! :)

Anonymous said...

Mas, pasang shout box nya dooong. Thanks ya komennya dipostingan ttg Ming-ming. Silakan saja kalau mau di copy paste. Maaf saya nggak punya alamat lengkapnya Ming-ming.

Kristin Or Ichien said...

Thanks yahh..info hemat listriknya oks banget!!

Oya, thanks juga dah mampir tempatku..salam kenal juga..:)

Anonymous said...

betul..saatnya berhemat neh

Anonymous said...

paddi...! adami juga blogta, kalau pa rasyid?

Anonymous said...

kulupai kasi masukki blogku ces!

Kristina Dian Safitry said...

asyik asyik asyik belajar ngirit listrik ah..

Anonymous said...

salam kenal N sukses ya:)

The Diary said...

sebelum ada perintah untuk berhemat listrik dari PLN, aku dah berhemat duluan hehehe... secara bayar pajak listrik makin naik aja...

123 said...

oke deeeh ...

 
Copyright 2009 Paddi